D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar
   Kompetensi 
 | 
   
Kompetensi
   Dasar 
 | 
  ||
Seni
  Musik 
 | 
  |||
3. 
 | 
  
Mengapresiasi karya seni
  musik 
 | 
  
3.1 
 | 
  
Mengidentifikasi unsur/elemen
  musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia 
 | 
 
3.2 
 | 
  
Mengelompokkan bunyi
  berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia 
 | 
 ||
3.3 
 | 
  
Menunjukkan sikap
  apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia 
 | 
 ||
4. 
 | 
  
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 
 | 
  
4.1 
 | 
  
Menampilkan permainan
  pola irama sederhana 
 | 
 
4.2 
 | 
  
Mengekspresikan diri
  melalui vokal 
 | 
 ||
4.3 
 | 
  
Mengekspresikan diri
  melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia 
 | 
 ||
4.4 
 | 
  
Melafalkan lagu
  anak-anak 
 | 
 ||
4.5 
 | 
  
Menyanyikan lagu
  anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal 
 | 
 ||
Keterangan:
Elemen musik: Terdiri atas empat
unsur yakni: (1) pitch (nada, melodi, harmoni), (2) tempo (irama), (3) Warna
suara, dan (4) dinamika (keras-lembut).
Dinamik: Semua hal yang berhubungan dengan perbandingan volume
nada (keras lembut).
Sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia: siulan, tepukan tangan, dsb.
Alat musik: Alat musik dapat dibedakan atas:
(1) Alat musik Nusantara atau biasa pula disebut alat musik tradisional  yakni alat musik yang dianggap milik etnis di
wilayah Nusantara seperti suling bambu, talempong, talempong, dsb. (2) Alat
musik konvensional yakni alat musik nontradisional seperti gitar, piano, biola,
drum, saxophone, dll; (3) Alat musik non konvensional yakni  segala alat/bahan yang dapat menjadi sumber
bunyi seperti batu, kayu, logam, plastik, dsb. 
Rangsangan bunyi: Bunyi yang dimaksudkan
untuk menggugah perasaan peserta didik untuk menggerakkan tubuh 
Penonton: teman sekelas,
kelas lain, orang tua murid, undangan
Kelas I, Semester 2
Standar
   Kompetensi 
 | 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  ||
Seni Musik 
 | 
  |||
9. 
 | 
  
Mengapresiasi
  karya seni musik 
 | 
  
9.1 
 | 
  
Mengidentifikasi
  unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam 
 | 
 
9.2 
 | 
  
Mengelompokkan
  bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan  alam 
 | 
 ||
9.3 
 | 
  
Mengidentifikasi
  irama dan melodi sederhana 
 | 
 ||
10. 
 | 
  
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 
 | 
  
10.1 
 | 
  
Menampilkan
  permainan pola irama dan melodi sederhana 
 | 
 
10.2 
 | 
  
Memeragakan  dinamik sederhana 
 | 
 ||
10.3 
 | 
  
Mengekspresikan
  diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana 
 | 
 ||
10.4 
 | 
  
Menyanyikan
  lagu anak-anak dan lagu wajib 
 | 
 ||
Keterangan:
Sumber bunyi yang dihasilkan alam: bunyi tetesan air, kicauan burung, dsb.
No comments:
Post a Comment