D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
||
Seni
Musik
|
|||
3.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi unsur/elemen
musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
3.2
|
Mengelompokkan bunyi
berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
||
3.3
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
||
4.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Menampilkan permainan
pola irama sederhana
|
4.2
|
Mengekspresikan diri
melalui vokal
|
||
4.3
|
Mengekspresikan diri
melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
||
4.4
|
Melafalkan lagu
anak-anak
|
||
4.5
|
Menyanyikan lagu
anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
|
Keterangan:
Elemen musik: Terdiri atas empat
unsur yakni: (1) pitch (nada, melodi, harmoni), (2) tempo (irama), (3) Warna
suara, dan (4) dinamika (keras-lembut).
Dinamik: Semua hal yang berhubungan dengan perbandingan volume
nada (keras lembut).
Sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia: siulan, tepukan tangan, dsb.
Alat musik: Alat musik dapat dibedakan atas:
(1) Alat musik Nusantara atau biasa pula disebut alat musik tradisional yakni alat musik yang dianggap milik etnis di
wilayah Nusantara seperti suling bambu, talempong, talempong, dsb. (2) Alat
musik konvensional yakni alat musik nontradisional seperti gitar, piano, biola,
drum, saxophone, dll; (3) Alat musik non konvensional yakni segala alat/bahan yang dapat menjadi sumber
bunyi seperti batu, kayu, logam, plastik, dsb.
Rangsangan bunyi: Bunyi yang dimaksudkan
untuk menggugah perasaan peserta didik untuk menggerakkan tubuh
Penonton: teman sekelas,
kelas lain, orang tua murid, undangan
Kelas I, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Musik
|
|||
9.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
9.1
|
Mengidentifikasi
unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
|
9.2
|
Mengelompokkan
bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam
|
||
9.3
|
Mengidentifikasi
irama dan melodi sederhana
|
||
10.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
10.1
|
Menampilkan
permainan pola irama dan melodi sederhana
|
10.2
|
Memeragakan dinamik sederhana
|
||
10.3
|
Mengekspresikan
diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana
|
||
10.4
|
Menyanyikan
lagu anak-anak dan lagu wajib
|
Keterangan:
Sumber bunyi yang dihasilkan alam: bunyi tetesan air, kicauan burung, dsb.
No comments:
Post a Comment